Sabtu, 12 Juni 2010

Profesi Pendidik dan Tenaga Kependidikan

Pendidik harus memiliki kualifikasi akademik dan kompetensi sebagai agen pembelajaran, sehat jasmani dan rohani, serta memiliki kemampuan untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional. Kualifikasi akademik yang dimaksudkan di atas adalah tingkat pendidikan minimal yang harus dipenuhi oleh seorang pendidik yang dibuktikan dengan ijazah dan/atau sertifikat keahlian yang relevan sesuai ketentuan perundang-undangan yang berlaku.

Kompetensi sebagai agen pembelajaran pada jenjang pendidikan dasar dan menengah serta pendidikan anak usia dini meliputi:

ü Kompetensi pedagogik

ü Kompetensi kepribadian

ü Kompetensi professional

ü Kompetensi sosial

Pendidik meliputi pendidik pada TK/RA, SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, SDLB/SMPLB/SMALB, SMK/MAK, satuan pendidikan Paket A, Paket B dan Paket C, dan pendidik pada lembaga kursus dan pelatihan.

Tenaga kependidikan meliputi kepala sekolah/madrasah, pengawas satuan pendidikan, tenaga administrasi, tenaga perpustakaan, tenaga laboratorium, teknisi, pengelola kelompok belajar, pamong belajar, dan tenaga kebersihan.

Berikut ini, Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia yang berkaitan dengan Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan.

* Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No 12 Tahun 2007 tentang Standar Pengawas Sekolah/Madrasah

* Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No 13 Tahun 2007 tentang Standar Kepala Sekolah/Madrasah

* Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru.

* Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No 24 Tahun 2008 tentang Standar Tenaga Administrasi Sekolah

* Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No 25 Tahun 2008 tentang Standar Tenaga Perpustakaan Sekolah/Madrasah

* Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No 27 Tahun 2008 tentang Standar Kulifikasi Akademik dan Kompetensi Konselor

* Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No 40 Tahun 2009 tentang Standar Penguji pada kursus dan pelatihan

* Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No 41 Tahun 2009 tentang Standar kualifikasi pembimbing pada kursus dan pelatihan

* Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No 42 Tahun 2009 tentang Standar Pengelola Kursus dan Pelatihan

* Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No 43 Tahun 2009 Standar Tenaga administrasi pendidikan pada program Paket A, Paket B, dan Paket C

* Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 2009 Standar Pengelola pendidikan pada Program Paket A, Paket B, dan Paket C.

Guru sebagai Tenaga professional berarti Pekerjaan guru hanya dapat dilakukan oleh seseorang yang mempunyai kualifikasi akademik, kompetensi, dan sertifikat pendidik sesuai dengan persyaratan untuk setiap jenis dan pendidikan tertentu.

Guru wajib memiliki:

Kualifikasi akademik

Kompetensi

Sertifikat pendidik

Sehat jasmani & rohani

Kemampuan untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional

Kompetensi Guru sebagai Agen Pembelajaran

  1. Kompetensi Pedagogik

ü Pemahaman wawasana atau landasan kependidikan

ü Pemahaman terhadap peserta didik

ü Pengembangan kurikulum/silabus

ü Perancangan pembelajaran

ü Pelaksanaan pembelajaran yang mendidik dan dialogis

ü Pemanfaatan teknologi pembelajaran

ü Evaluasi hasil belajar

ü Pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya

  1. Kompetensi Kepribadian

ü Mantap

ü Berakhlak mulia

ü Arif dan bijaksana

ü Berwibawa

ü Stabil

ü Dewasa

ü Jujur

ü Menjadi teladan bagi peserta didik dan masyarakat

ü Secara objektif mengevaluasi kinerja sendiri

ü Mengembangkan diri secara mandiri dan berkelanjutan

  1. Kompetensi Sosial

ü Berkomunikasi lisan, tulisan, isyarat

ü Menggunakan teknologi komunikasi dan informasi secara fungsional

ü Bergaul secara efektif dengan peserta didik, sesama pendidik, tenaga kependidikan, pimpinan satuan pendidikan, orang tua/wali peserta didik

ü Bergaul secara santun dengan masyarakat sekitar dengan mengindahkan norma serta sistem nilai yang berlaku

ü Menerapkan prinsip-prinsip persaudaraan sejati dan semangat kebersamaan

  1. Kompetensi Profesional

Kemampuan guru dalam pengetahuan isi (content knowledge) à penguasaan:

ü Materi pelajaran secara luas dan mendalam sesuai standar isi program satuan pendidikan, mata pelajaran, atau kelompok mata pelajaran yang diampu

ü Konsep-konsep dan metode disiplin keilmuan, teknologi, atau seni yang relevan, yang secara konseptual menaungi atau koheren dengan program satuan pendidikan, mata pelajaran, atau kelompok mata pelajaran yang diampu

DAFTAR PUSTAKA

http://bsnp-indonesia.org/id/

UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

A. Hakam Naja. SEMINAR IKATAN ALUMNI YAPI (IKAYAPI) Jakarta. 24 Desember 2005

Tidak ada komentar:

Posting Komentar