Sabtu, 12 Juni 2010

Management Mutu Berbasis Sekolah

Latar Belakang

§ Pendidikan menghadapi masyarakat yang berubah

§ Perubahan sosial-politik dan aspirasi masyarakat

§ Perubahan pemerintah

§ UU sisdiknas

Pengertian MBS/M

Merupakan otonomi management pendidikan, kewenangan ada pada kepala sekolah/madrasah dan guru, dibantu oleh komite sekolah dalam mengelola kegiatan pendidikan

Tujuan MBS/M

ü Mencapai mutu dan relevansi, dengan tolak ukur pada hasil (output dan outcome)

ü Menjamin keadilan layanan pendidikan bagi setiap anak

ü Meningkatkan efektifitas dan efisiensi

ü Meningkatkan akuntabilitas sekolah dan komitmen “stake holder”

Bagian-bagian(element-element) pokok MBS/M

Ø Pemberian kewenangan kepada kepala sekolah / madrasah untuk mengambil keputusan mengenai pengelolaan pendidikan di sekolah yang bersangkutan

Ø Penerima kewenangan bukan KS/M seorang diri, tetapi secara kolektif

Ø Pengambilan keputusan dan kepemimpinan bersifat partisipatif dan demokratis

Ø Pemberian kewenangan disertai sumber daya pendidikan

Ø Ada parameter

Ø Ada akuntabilitas kepada berbagai pihak

Konsep Mutu

1. Absolute

2. Standar

3. kepuasan pelanggan/ pengguna jasa pendidikan

Elemen penting MMT sebagai bagian dari strategi MMBS/M

1. Konsep mutu

2. Peningkatan mutu secara berkelanjutan

3. Kepuasan jasa pengguna pendidikan

4. Ada visi, misi, “bench-mark”

5. Akuntabilitas kepada semua stakeholder

Tidak ada komentar:

Posting Komentar