Management Mutu Berbasis Sekolah
Latar Belakang
§ Pendidikan menghadapi masyarakat yang berubah
§ Perubahan sosial-politik dan aspirasi masyarakat
§ Perubahan pemerintah
§ UU sisdiknas
Pengertian MBS/M
Merupakan otonomi management pendidikan, kewenangan ada pada kepala sekolah/madrasah dan guru, dibantu oleh komite sekolah dalam mengelola kegiatan pendidikan
Tujuan MBS/M
ü Mencapai mutu dan relevansi, dengan tolak ukur pada hasil (output dan outcome)
ü Menjamin keadilan layanan pendidikan bagi setiap anak
ü Meningkatkan efektifitas dan efisiensi
ü Meningkatkan akuntabilitas sekolah dan komitmen “stake holder”
Bagian-bagian(element-element) pokok MBS/M
Ø Pemberian kewenangan kepada kepala sekolah / madrasah untuk mengambil keputusan mengenai pengelolaan pendidikan di sekolah yang bersangkutan
Ø Penerima kewenangan bukan KS/M seorang diri, tetapi secara kolektif
Ø Pengambilan keputusan dan kepemimpinan bersifat partisipatif dan demokratis
Ø Pemberian kewenangan disertai sumber daya pendidikan
Ø Ada parameter
Ø Ada akuntabilitas kepada berbagai pihak
Konsep Mutu
1. Absolute
2. Standar
3. kepuasan pelanggan/ pengguna jasa pendidikan
Elemen penting MMT sebagai bagian dari strategi MMBS/M
1. Konsep mutu
2. Peningkatan mutu secara berkelanjutan
3. Kepuasan jasa pengguna pendidikan
4. Ada visi, misi, “bench-mark”
5. Akuntabilitas kepada semua stakeholder
Tidak ada komentar:
Posting Komentar